Minggu, 07 Mei 2017

Ulasan 2

How Does Indivial File Encryption Work?, itulah judul video yang akan saya ulas pada blog ini. Video berdurasi 5 menit 36 detik itu dibuat oleh kanal Techquickie, salah satu kanal YouTube yang cukup populer dan sudah terverifikasi untuk bidang teknologi informasi. Video ini telah ditonton oleh lebih dari 100.000 viewers sejak diterbitkan pada tanggal 30 April 2017. Video ini dapat diakses melalui https://youtu.be/Re8IK--TMdk.

Sebagai pendahuluan, video ini menjelaskan betapa buruknya manajemen seseorang terhadap masalah proteksi. Meskipun kita telah menggunakan password di komputer kita, namun password kita sangatlah mudah untuk didapatkan. Untuk mengatasi masalah ini, dapat digunakan enkripsi pada level hardware dan enkripsi pada level filesystem. Namun, enkripsi pada level hardware sangatlah berisiko, ketika password terbuka maka semua file kita akan di dekripsi. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengenkripsi file-file individual diperlukan salah satunya dengan menggunakan enkripsi pada level filesystem.

Enkripsi pada level filesystem di Windows menggunakan teknologi bernama EFS dengan NTFS. Sistem ini menerapkan mekanisme dekrispi menggunakan private key user sehingga mempersulit user lain untuk membuka file kita. Namun, ketika menggunakan EFS, pastikan kita memiliki strong password. Untuk memperkuat proteksi, kita dapat menggabungkan enkripsi pada level hardware dan enkripsi pada level filesystem.

Menurut saya, konten dari video ini sangat penting untuk ditonton. Kebanyakan dari kita tidak mengetahui bahwa password kita sangatlah mudah dibuka. Sekali terbuka maka semua file kita bisa dilihat oleh orang lain. Meskipun sudah ada mekanisme enkripsi pada level hardware, namun tetap saja file kita belum aman dari user-user lain yang menggunakan komputer tersebut. Video ini menunjukkan betapa pentingnya menerapkan enkripsi pada level filesystem serta cara menggunakannya. Selain itu, video ini disertai ilustrasi-ilustrasi yang membantu viewers agar dapat memahami penjelasan.

Github Account : arclenix
URL Video : https://youtu.be/Re8IK--TMdk (5 menit 36 detik)
Video Author : Techquickie
Pemetaan konten : week02
Revisi Pertama : 7 Mei 2017
Revisi Terakhir : 7 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANKING09

----------------------------------------- ----------------------------------------- ----------------------------------------- RANKING09 U...